Senin, 09 Maret 2015

RAGAM BAHASA

ARTI BAHASA   : makna dari bahasa ialah alat untuk berkomunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia yaitu lidah, dan dalam bahasa arab bisa kita sebut  lughoh yang berarti bahasa , bahasa di dunia ini sangat beragam , setiap daerah, suku , dan suatu komunitas pasti memiliki bahasa daerahnya nya masing-masing yang tentunya berbeda dengan bahasa daerah atau negara lain

FUNGSI BAHASA  :  fungsi bahasa itu sendiri adalah sebagai alat ekpresi diri atau sebagai alat  media komunikasi dengan orang lain , ataupun sebagai alat integrasi dan adaptasi sosial sebagai alat kontrol sosial.
Ragam BahasaRagam bahasa menjadi banyak jumlahnyakarena pemilihan corak bahasa yang akandipakai oleh seseorang untukmengomunikasikan sesuatu
Macam-Macam Ragam Bahasa itu adalah sebagai berikut
  1. Ragam baku adalah ragam bahasa yang oleh penutur dipandangnya sebagai ragam yang baik.     Biasanya dipakai dalam kalangan terdidik, karya ilmiah, suasana resmi, atau surat resmi.
  2. Ragam cakapan adalah ragam bahasa yang dipakai apabila pembicara menganggapkawan bicara sebagai sesama, lebih muda, lebih rendah setatusnya atau apa bila topik pembicaran bersifat tidak resmi.
  3. Ragam hormat adalah ragam bahasa yang dipakai apabila lawan bicara orang yang kita hormati, misalnya orang tua dan atasan.
  4. Ragam kasar adalah ragam bahasa yang digunakan dalam dalam pemakaian tidak resmi di kalangan orang yang saling mengenal.
  5. Ragam lisan adalah bahasa yang diungkapkan melalui media lisan, terkait oleh ruang dan waktu sehingga situasi pengungkapan dapat membantu pemahaman.
  6. Ragam resmiadalah ragam bahasa yang dipakai dalam suasana resmi.
  7. Ragam tulis adalah ragam bahasa yang digunakan melalui medium tulis, terkait ruang dan waktu sehingga diperlukan kelengkapan struktur sampai sasaran visual. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar